MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 2 WAKUL TAHUN PELAJARAN 2013

M U N A S I H, M U N A S I H (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 2 WAKUL TAHUN PELAJARAN 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ACIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal, banyak siswa kelas V SDN 2 Wakul Kecamaptan Praya Kabupaten Lombok T engah yang salah dalam hal cara berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa pasif di kelas, tidak ada yang berani mengungapkan idea tau gagasan serta mengeluarkan pendapat. Akibatnya, presentasi belajar siswa untuk keterampilan berbicara rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SDN 2 Wakul Tahun Ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SDN 2 Wakul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahab observasi, dan tahap refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Keterampilan berbicara siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi keterampilan berbicara siswa. Indicator keberahasilan penelitian ini dilihat dari nlai rata-rata kelas siswa yang mencapai nilai KKM 65. Pada siklus I, nlai rat-rata siswa 64, ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46, 7 %. Aktivitas guru 55% dan aktivitas siswa 63%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa 83, ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 93,33%. Aktivitas guru 80 % dan aktivitas siswa 83 %. Peresentase peningkatan nilai rata-rata siswa 19. Ketuntasan belajarsecara klasikal meningkat 46,63%. Komponen aktivitas guru 25%, aktivtas sswa 20%. Penggunaan metode pembelajaran Role playing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN 2 Wakul.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Berbicara, Role Playing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:31
Last Modified: 12 Sep 2018 03:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7947

Actions (login required)

View Item View Item