MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 TERUWAI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SUDARWATI, SUDARWATI (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 TERUWAI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1 BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Rumusan masalah penelitian ini, bagaimanakah penerapan media kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 2 Teruwai tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penerapan media kartu huruf pada siswa kelas 1 SDN 2 Teruwai tahun pelajaran 2012/2013. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 2 Teruwai yang berjumlah 18 orang.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa aktifitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa skor hasil belajar dalam 2 siklus selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I adalah 67,83 dan siklus II adalah 82.03 dengan ketuntasan secara klasikal 61,11% pada siklus I dan 88,88% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model media kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 2 Teruwai tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model study of letter card media , activity learn, result learn Indonesian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:31
Last Modified: 12 Sep 2018 03:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7953

Actions (login required)

View Item View Item