MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN TAHAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE PADA SISWA KELAS IV SDN 2 ANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

FUJIAWATI, EMI (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN TAHAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE PADA SISWA KELAS IV SDN 2 ANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (115MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis siswa yang rendah, siswa kurang bisa mengembangkan kalimat, siswa kesulitan menuangkan ide/gagasannya dalam bentuk kalimat yang baik, kurang memahami kosa kata dan penggunaan EYD (ejaan yang disempurnakan) dengan baik. Guru kurang kreatif menggunakan pendekatan dalam proses pembelajaran. Untuk itu pendekatan yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan proses 5 fase. Pendekatan proses 5 fase terdiri dari (1) fase pra penulisan (2) fase penulisan (3) fase revisi (4) fase pengeditan dan (5) fase publikasi. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan terutama dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan peneilitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 2 Anyar tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data adalah : (1) observasi (2) wawancara (3) tes dan (4) dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan untuk proses pembelajaran dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Anyar yang berjumlah 30 orang. Peningkatan keterampilan menulis siswa dapat terlihat pada nilai hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa maupun aktivitas mengajar guru. Persentase tingkat penguasaan klasikal pada tiap aspek yang dinilai yaitu: a) pada aspek penyusunan paragraf pada siklus I sebesar 68% meningkat menjadi 89%; b) pada aspek penggunaan kalimat sebesar 65% pada siklus I meningkat menjadi 75% pada siklus II; c) pada aspek penggunaan ejaan sebesar 50% pada siklus I meningkat menjadi 71% pada siklus II; dan d) pada aspek fakta sebesar 72% meningkat menjadi 84% pada siklus II. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan proses 5 fase dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IV SDN 2 Anyar Tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan proses 5 fase, keterampilan menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:30
Last Modified: 12 Sep 2018 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7954

Actions (login required)

View Item View Item