MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE KELOMPOK BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 2 MONGGAS KEC.KOPANG KAB.LOTENG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

SUMARDAN, SUMARDAN (2013) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE KELOMPOK BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 2 MONGGAS KEC.KOPANG KAB.LOTENG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSIKU REVISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Melalui pembelajaran yang berorientasi pada metode kelompok belajar (learning community) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Monggas Kec. Kopang Kab. Loteng Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan data ketuntasan pada siklus I di mana pada siklus I rata – rata skor prestasi siswa yaitu 65,5 dengan persentase ketuntasan 62,5 % meningkat pada siklus II menjadi rata – rata siswa 71,8 dengan ketuntasan klasikan mencapai 92,5 %.sehingga dari hasil penelitian siklus I dan II enerapan pembelajaran yang berorientasi pada metode kelompok belajar (learning community), dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi tentang mengenal perkembangan tekhnologi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya, di kelas IV SDN 2 Monggas Kec. Kopang Kab. Loteng Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): mengenal perkembangan tekhnologi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:25
Last Modified: 12 Sep 2018 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7955

Actions (login required)

View Item View Item