SUMARDAN, SUMARDAN (2013) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE KELOMPOK BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 2 MONGGAS KEC.KOPANG KAB.LOTENG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSIKU REVISI.docx Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Melalui pembelajaran yang berorientasi pada metode kelompok belajar (learning community) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Monggas Kec. Kopang Kab. Loteng Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan data ketuntasan pada siklus I di mana pada siklus I rata – rata skor prestasi siswa yaitu 65,5 dengan persentase ketuntasan 62,5 % meningkat pada siklus II menjadi rata – rata siswa 71,8 dengan ketuntasan klasikan mencapai 92,5 %.sehingga dari hasil penelitian siklus I dan II enerapan pembelajaran yang berorientasi pada metode kelompok belajar (learning community), dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi tentang mengenal perkembangan tekhnologi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya, di kelas IV SDN 2 Monggas Kec. Kopang Kab. Loteng Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | mengenal perkembangan tekhnologi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 03:25 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 03:25 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7955 |
Actions (login required)
View Item |