MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PELAJARAN PKn KELAS V SDN 1 PERESAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

S u r y a n i, S u r y a n i (2013) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PELAJARAN PKn KELAS V SDN 1 PERESAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Isi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)

Abstract

Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012/ 2013. Hasil aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai akhir sebesar 29,34 dengan kategori aktif, sedangkan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai akhir sebesar 32,60 dengan kategori sangat aktif. Pada aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai akhir sebesar 23,91 dengan kategori cukup aktif, sedangkan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai akhir sebesar 29,34 dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil tes formatif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76,00 dengan persentase ketuntasan klasikal 80,00% sedangkan hasil tes formatif II diperoleh nilai rata-rata 88,00 dengan persentase ketuntasan klasikal 92,00 %. Analisis ini didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PKn, Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:25
Last Modified: 12 Sep 2018 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7957

Actions (login required)

View Item View Item