Penerapan Metode cooperative learning tipe Numbered head together untuk Meningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Dasan Jontak Tahun Pelajaran 2012/2013.

Fathurrahman, Lalu (2013) Penerapan Metode cooperative learning tipe Numbered head together untuk Meningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Dasan Jontak Tahun Pelajaran 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Dasan Jontak tergolong masih rendah. disebabkan Metode pembelajaran yang selama ini diterapkan melalui metode konvensional. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut menerapkan metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif yang dipilih adalah metode kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Dasan Jontak yang terdiri dari 52 siswa.. Berdasarkan tindakan yang diberikan pada proses pembelajaran dengan metode kooperatif tipe NHT terjadi peningkatan terhadap aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I aktivitas guru 57,19%, aktivitas siswa 68,33%, Prestasi belajar siswa nilai rata-siswa 60,57 dengan jumlah skor total 3150 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 60,57%, meningkat pada siklus II menjadi 74,27%, aktivitas siswa 88,88% dan rata-rata Nilai peserta didik 64,61, dengan jumlah skor total 3360 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 73,08%, pada siklus III meningkat menjadi 85,48%, aktivitas siswa 96,66%, prestasi belajar71,15 dengan jumlah skor total 3700 dengan persentase ketuntasan belajar siswa86,54 %. Hasil analisa data tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas guru dari siklus I sampai dengan III sebesar 28,29%, aktivitas siswa 28,33%.dan prestasi belajar 25,97%. Sehingga diharapkan kepada guru dan sekolah menerapkan metode kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Dasan Jontak tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, cooperative learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:23
Last Modified: 29 Sep 2018 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7969

Actions (login required)

View Item View Item