PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 1 JURANG JALER KECAMATAN PRAYA TENGAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

RUKIATI, RUKIATI (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 1 JURANG JALER KECAMATAN PRAYA TENGAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab I - V Copy.docx
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)

Abstract

Penggunaan metode demonstrasi didalam mengajar IPA sangat dituntut, karena selama ini metode demonstrasi jarang dipakai oleh guru dan masih didominasi dengan metode ceramah sehingga aktifitas guru dan siswa kurang dioptimalkan serta siswa kurang leluasa menyampaikan ide-idenya, akibatnya hasil belajar siswa sulit sekali mencapai target dan standar yang telah ditetapkan. Dengan menerapkan metode demonstrasi dalam mengajar IPA, peneliti yakin hasil yang akan dicapai akan sangat memuaskan. Itulah sebabnya peneliti tertarik mengangkat judul; “Penerapan Metode Demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV di SDN I Jurang Jaler Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2012/2013”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV di SDN I Jurang Jaler tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil evaluasi yang diberikan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 60,76 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 57,69%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,46 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 84,61%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 30,94 % dan sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu minimal 80 % siswa mendapat nilai >60. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV di SDN I Jurang Jaler tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Demonstrasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:23
Last Modified: 29 Sep 2018 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7970

Actions (login required)

View Item View Item