PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ALAT INDERA MANUSIA DI KELAS IV SDN 1 MEDANA

JULIYANI, NI NYOMAN SRI AYU (2013) PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ALAT INDERA MANUSIA DI KELAS IV SDN 1 MEDANA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitan ini dilakukan sebanyak 3 siklus pada mata pelajaran yang diajarkan adalah IPA dengan materi pokok alat indera manusia dengan menggunakan metode demonstrasi, yaitu melakukan demonstrasi dengan menggunakan benda konkret. Peneliti melakukan peneitian ini dengan tujuan agar siswa dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep khususnya pada materi pokok alat indera manusia pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Medana pada tanggal 25 Juli – 07 Agustus 2012. Indikator ketercapaian penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa mencapai KKM 65 dan dengan ketuntasan klasikal 80 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep dalam hal ini dilihat dari hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata keaktifan siswa pada siklus I adalah 39,5 yang berkategori cukup aktif, pada siklus II adalah 49,5 yang berkategori aktif serta pada siklus III dengan nilai rata-rata keaktifan 57 yang berkategori sangat aktif sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 59,59 (43,24%) dan pada siklus II yaitu 64,86 (54,05%) serta pada siklus III yaitu 71,89 (83,78%) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep belajar IPA pada siswa kelas IV semester I di SDN I Medana tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Demonstrasi, aktivitas, penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:23
Last Modified: 29 Sep 2018 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7973

Actions (login required)

View Item View Item