Penerapan Metode Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Lembah Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2012/1013

Fatmawati, Baiq (2013) Penerapan Metode Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Lembah Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2012/1013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I dan V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)

Abstract

Rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep pembelajaran aktif yang ditawarkan. Pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Dengan menerapkan pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada pembelajaran ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran IPS siswa kelas V Lembah Sari Lombok Barat (2) untuk meningkatkan Hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 4 Lembah Sari Lombok Barat dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe TGT. Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas,instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: lembar observasi, LKS,tes hasil belajar. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pelajaran IPS ada 2 tahap yang di dalamnya mencakup penyajan kelas, kerja kelompok,turnamen, dan penghargaan kelompok. Penerapannya sangat bagus karena siswa sangat senang mengikuti pelajaran dengan cara berkelompok dengan tipe TGT dengan temantemannya. (2) penerapan belajar kooperatif dapat meningkatkan prestasi siswa, hal ini dibuktikan pada hasil tes pada sebelum diadakannya penelitian, siklus I dan siklus II yang porsentasenya mulai 66.66%, sampai 88.88%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:22
Last Modified: 29 Sep 2018 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7995

Actions (login required)

View Item View Item