ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

ARIANI, ARIANI (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018 berdasarkan model Polya pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Kemampuan pemecahan masalah siswa diketahui melalui analisis terhadap jawaban mereka dalam menyelesaiakan soal tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan dan melalui wawancara yang telah dilakukan dengan 5 siswa. Siswa yang diteliti sebanyak 50 siswa dari 500 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa persentase kriteria kemampuan pemecahan masalah siswa yang sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang secara berturut-turut adalah 8%, 16%, 18%, 28%, dan 30%. Karena siswa tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, kesimpulan, dan tidak mengetahui cara mengecek jawaban dari solusi yang diperoleh menyebabkan siswa seringkali melewati tahapan memahami masalah dan tahapan melihat kembali. Hal ini mengakibatkan hasil hasil tes siswa menjadi rendah ketika dianalisis menggunakan model Polya. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Polya, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:22
Last Modified: 29 Sep 2018 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8004

Actions (login required)

View Item View Item