PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SUPRIANI, BAIQ (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media pada materi segiempat dan segitiga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunungsari tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian true eksperimental jenis posttest-only control design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunungsari tahun pelajaran 2017/2018. Dalam menentukan sampel digunakan teknik probability sampling dengan jenis cluster sampling, dimana sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post- test pada materi segiempat dan segitiga. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = -3,73 < ttabel = 2,01 sehingga H0 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media pada materi segiempat dan segitiga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunungsari tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, Media Pembelajaran, Segiempat dan Segitiga, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:19
Last Modified: 29 Sep 2018 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8037

Actions (login required)

View Item View Item