PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HUNSYA, AULIYATIL (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL AULIYATIL HUNSYA (E1R 013 003).pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Labuapi tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 167 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode dokumentasi dan angket atau kuesioner. Metode dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data prestasi belajar matematika siswa, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui data kecerdasan emosi siswa. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, angket kecerdasan emosi diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Dokumentasi diperoleh melalui nilai murni ulangan matematika semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Labuapi tahun pelajaran 2017/2018. Dengan nilai t-hitung yang diperoleh yaitu 3,293 dan t-tabel 1,97445. Besar pengaruh kecerdasan emosi (X) terhadap prestasi belajar matematika (Y) siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Labuapi adalah sebesar 6,2%, sedangkan 93,8% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti, seperti kecerdasan intelektual, bakat, kebiasaan, minat, dan motivasi yang merupakan faktor internal. Ataupun faktor eksternal seperti lingkungan masyarakat dari siswa tersebut, keadaan ekonomi orang tua, perhatian orang tua, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Emosi, Prestasi Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:19
Last Modified: 29 Sep 2018 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item View Item