PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013

MARHAMAH, MARHAMAH (2013) PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka menjadi masalah yang dikeluhkan guru. Hasil observasi terhadap keluhan tersebut didapat bahwa guru hanya membelajarkan membaca permulaan dengan metode eja, yaitu pembelajaran dilakukan dengan membimbing siswa secara individu dan klasikal untuk mengeja rangkain huruf dan melafalkannya menjadi kata dan kalimat. Pelaksanaan pembelajaran yang monoton seperti ini menjadikan siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat aktivitas guru maupun siswa dalam proses belajar, sedangkan tes diberikan untuk mengetahui perkembangan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan membaca permulaan siswa yang dicapai pada siklus I adalah 65,38% dan pada siklus II adalah 84,61%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEMdapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode SAS, Pendekatan PAIKEM, Kemampuan Membaca Permulaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:19
Last Modified: 29 Sep 2018 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8045

Actions (login required)

View Item View Item