PENERAPAN METODE SIMULASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 1 JONTLAK KECAMATAN PRAYA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MARWIYAH, MARWIYAH (2013) PENERAPAN METODE SIMULASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 1 JONTLAK KECAMATAN PRAYA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)

Abstract

Dari hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas V SDN 1 Jontlak, teridentifikasi bahwa permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa. Nilai rata – rata ulangan harian I adalah 65, 05, Ulangan harian II 64,56 dan Mid semester II 68 dari 29 orang siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu cara penyelesaian yang ditawarkan adalah dengan menerapkan Metode Simulasi dengan menggunaan tehnik bermain peran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Metode Simulasi dengan menggunaan tehnik bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN 1 Jontlak. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Metode Simulasi dengan menggunaan tehnik bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Jontlak. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Jontlak dengan menerapkan Metode Simulasi dengan menggunaan tehnik bermain peran . Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam dua siklus yang setiap siklusnya berlangsung dalam satu kali pertemuan dan terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan tahap refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi yang diberikan pada akhir setiap siklus, sedangkan data aktifitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa pada siklus I, ke II dari rata-rata skor 3,31 dengan criteria cukup aktif pada siklus I, rata-rata skor untuk siklus II yaitu 3,9 dengan katagori aktif pada siklus II, aktifitas guru menunjukkan peningkatan dari 3,26 dengan criteria cukup baik pada siklus I, rata-rata skor guru pada siklus II yaitu 3,96 dengan katagori baik. Sementara itu, hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 72%, dengan nilai rata-rata 70,68 meningkat menjadi 73,44% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Simulasi dengan menggunaan tehnik bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Jontlak tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Simulasi, Tehnik bermain peran,dan IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:18
Last Modified: 29 Sep 2018 03:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8049

Actions (login required)

View Item View Item