PEMETAAN KUALITAS SOAL UAS BAHASA INDONESIA YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU BAHASA INDONESIA ALUMNI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNRAM DI SMP SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT

Ikrama, Rizky (2018) PEMETAAN KUALITAS SOAL UAS BAHASA INDONESIA YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU BAHASA INDONESIA ALUMNI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNRAM DI SMP SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI RIZKY IKRAMA.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kualitas soal UAS Bahasa Indonesia yang dikembangkan oleh Guru Alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram di SMP se-Kabupaten Lombok Barat yang ditinjau dari validitas materi, validitas konstruk, dan validitas bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan metode catat. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan dua instrument yaitu instrument yang khusus menganalisis kesesuaian soal dengan KD dan Indikator dan instrument kualitatif butir soal yang menganalisis keseuaian butir soal dengan validitas materi, validitas konstruk, dan validitas bahasa. Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Validitas materi. Pada Soal UAS SMPN 1 Labuapi mencapai 50%, pada soal UAS SMPN 4 Gerung mencapai 88.57%, dan SMPN 1 Batulayar mencapai 92.86%. (2) Validitas Konstruk. Pada soal UAS SMPN 1 Labuapi mencapai 70%, pada SMPN 4 Gerung mencapai 57.14%, dan SMPN 1 Batulayar mencapai 78.57%. (3) Validitas bahasa, pada validitasini soal UAS pada SMPN 1 Labuapi mencapai 100%, pada SMPN 4 Gerung mencapai 88.57%, dan pada SMPN 1 Batulayar mencapai 71.43%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kualitas Soal, Guru Alumni PBSI, SMP Lombok Barat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:18
Last Modified: 29 Sep 2018 03:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8067

Actions (login required)

View Item View Item