PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI AP 1 SMK NEGERI 2 MATARAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Gustina, Gustina (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI AP 1 SMK NEGERI 2 MATARAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL GUSTINA (E1R 013 014).pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 2 Mataram pada pokok bahasan statistika tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 2 Mataram dengan jumlah siswa 42 orang. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah persentase ketuntasan kemampuan komunikasi matematika siswa minimum ≥ 75%, kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam kegiatan pembelajaran minimum kategori cukup baik dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) minimum kategori cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kemampuan komunikasi matematika siswa siklus I dan siklus II masing-masing yaitu 52,38% dan 78,57%, kemampuan guru menerapkan model pembelejaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II masing-masing yaitu 87,5% dengan kategori baik dan 100% dengan kategori sangat baik dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang dibagi dalam empat aspek yang diamati yaitu (1) Aktivitas komunikasi matematika tahap Think siklus I dan II masing-masing yaitu 63,51% dan 74,76%; (2) Aktivitas komunikasi matematika tahap Talk siklus I dan II masing-masing yaitu 65,81% dan 70,30%; (3) Aktivitas komunikasi matematika tahap Write siklus I dan II masing-masing yaitu 65,28% dan 73,21%; (4) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) siklus I dan siklus II masing-masing yaitu 63,33% dan 74,88% dimana semua aspek tersebut berkategori cukup baik. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 2 Mataram pada pokok bahasan statistika tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): KemampuanKomunikasiMatematika, Model PembelajaranKooperatifTipeThink Talk Write (TTW)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:17
Last Modified: 29 Sep 2018 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8078

Actions (login required)

View Item View Item