PENERAPAN MODEL BRONIS (BROKEN TRIANGLE-SCRAMBLE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS IV SDN JERENENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HARIATI, SERI (2013) PENERAPAN MODEL BRONIS (BROKEN TRIANGLE-SCRAMBLE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS IV SDN JERENENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kinerja pembelajaran yang dilakukan dan aktivitas siswa khususnya pada mata pelajaran PKn tidak optimal yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Bronis (Broken Triangle-Scramble). Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV dengan menerapkan model Bronis (Broken Triangle-Scramble) di SDN Jereneng tahun pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jereneng tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 23 orang Data hasil belajar siswa di kumpulkan melalui tes pilihan ganda tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil siklus I dan siklus II diperoleh jumlah skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 12 dan 14 yang memiliki kategori cukup aktif dan aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa pada siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 64,78 dan 72,60 serta presentase ketuntasan klasikal pada siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 65,21% < 80% dan 82,60% > 80%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Bronis (Broken Triangle-Scramble) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV SDN Jereneng Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Model Bronis (Broken Triangle-Scramble), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Bronis (Broken Triangle-Scramble), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:17
Last Modified: 29 Sep 2018 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8083

Actions (login required)

View Item View Item