PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IIIA SDN 46 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013

AULIA, AINUR (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IIIA SDN 46 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru kelas IIIA SDN 46 Cakranegara pada mata pelajaran IPS adalah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ini yang dikategorikan masih rendah. Hal-hal yang menyebabkan permasalahan tersebut adalah cara guru menyampaikan materi yang kebanyakan menggunakan metode ceramah. Permasalahan ini perlu adanya upaya perbaikan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media kartu berantai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa yang terdiri dari ranah kognitif, psikomotor dan afektif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus pertama dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIIA SDN 46 Cakranegara tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 24 orang. Analisis data hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Hasil belajar afektif siswa menunjukkan bahwa pada siklus I ada beberapa siswa masih kurang antusias dalam pembelajaran dan tidak mematuhi peraturan yang disepakati bersama, sedangkan pada siklus II hanya 1 siswa yang masih kurang antusias dalam pembelajaran dan 2 siswa yang tidak mematuhi peraturan yang disepakati bersama. Untuk hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 59,09% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,91%. Dengan memperhatikan hasil penelitian dan indikator ketercapaian yang telah ditentukan, maka penelitian ini dihentikan di siklus II karena target yang ditentukan telah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media kartu berantai dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IIIA SDN 46 Cakranegara tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Student Teams Achievement Divisions, Media Kartu Berantai, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:16
Last Modified: 29 Sep 2018 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8090

Actions (login required)

View Item View Item