PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 2 MANTANG TAHUN AJARAN 2012/2013

SOFYAN, BAIQ NOVA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 2 MANTANG TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,II,III,IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika yang disebabkan karena guru-guru masih banyak yang menggunakan metode ceramah dimana guru lebih aktif sehingga siswa menjadi pasif. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V pada materi bangun datar di SDN 2 Mantang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan tujuan pemberian tindakan melalui penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Mantang tahun ajaran 2012-2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes dalam bentuk isian pada akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru diperoleh melalui lembar observasi dengan menngunakan chek list. Berdasarkan hasil observasi siklus I dan II hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan klasikal berdasarkan KKM yang ditetapkan yaitu 75. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa kelas V SDN 2 Mantang yaitu 68% , sedanhgkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa menjadi 92%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan metode jigsaw dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika kelas V SDN 2 Mantang tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif , hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:16
Last Modified: 29 Sep 2018 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8098

Actions (login required)

View Item View Item