GAME EDUKASI BERBASIS ROLE PLAYING GAME SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SMK JURUSAN TKJ (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN) DENGAN MATERI JARINGAN KOMPUTER DASAR

Nugraha, Andika (2018) GAME EDUKASI BERBASIS ROLE PLAYING GAME SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SMK JURUSAN TKJ (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN) DENGAN MATERI JARINGAN KOMPUTER DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal (Andika Nugraha (F1B111007)).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membangun game edukasi berbasis Role Playing Game (RPG) sebagai alternatif media pembelajaran. Game edukasi ini dibuat untuk siswa SMKN 3 Mataram, jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), kelas X (sepuluh) dengan materi Jaringan Komputer Dasar sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Game ini dibuat menggunakan software RPG Maker VX Ace. Pada game edukasi ini player akan menyelesaikan semua misi dalam setiap perjalanannya untuk satu tujuan, yaitu untuk menyelamatkan adiknya yang telah diculik. Misi-misi tersebut adalah player harus bisa menjawab semua soal-soal yang diberikan oleh musuh pada level-level yang terdapat pada game dalam setiap perjalanannya. Pada game edukasi ini, terdapat 4 level dengan materi pokok yaitu tentang Jaringan Komputer Dasar. Pada level 1 terdapat materi tentang Konsep Teknologi Jaringan Komputer, dan jumlah soal sebanyak 18 butir. Pada level 2 terdapat materi tentang Model OSI Layer dengan sub-materi diantaranya Model Referensi OSI Layer, Physical Layer, Data Link Layer, Network Layer, Transport Layer, Session Layer, Presentation Layer, Application Layer, dan dengan jumlah soal sebanyak 61 butir. Pada level 3 terdapat materi tentang Topologi Jaringan dengan sub-materi diantaranya Topologi Bus, Topologi Star, Topologi Extended Star, Topologi Mesh, Topologi Hierarki, dan dengan jumlah soal sebanyak 22 butir. Pada level 4 terdapat materi tentang Media Jaringan dan Transmisi dan dengan jumlah soal sebanyak 21 butir. Aturan permainan yaitu, skor akan bertambah 50 (ketika menjawab soal dari anak buah penjahat dengan benar) dan skor 200 ketika menjawab soal dari boss penjahat dengan benar) dan akan berkurang 50 (ketika menjawab soal dengan salah). Dan Health Point (HP) Player akan berkurang 100 jika salah menjawab soal, dan jumlah Health Point (HP) Player ketika pertama bermain adalah 560, dan HP Player akan bertambah 100 ketika naik level (Level akan bertambah ketika player telah menyelesaikan permainan pada stage tertentu). Pada stage 1 semua siswa berhasil memperoleh total skor sebanyak 14200 dari skor yang diharapkan yaitu sebanyak 18000, maka persentase yang didapat yaitu sebanyak 78,89%. Pada stage 2 semua siswa berhasil memperoleh total skor sebanyak 39800 dari skor yang diharapkan yaitu sebanyak 64000, maka persentase yang didapat yaitu sebanyak 62,19%. Pada stage 3 semua siswa berhasil memperoleh total skor sebanyak 9350 dari skor yang diharapkan yaitu sebanyak 23000, maka persentase yang didapat yaitu sebanyak 40,65%. Pada stage 4 semua siswa berhasil memperoleh total skor sebanyak 6400 dari skor yang diharapkan yaitu sebanyak 24000, maka persentase yang didapat yaitu sebanyak 26,67%. Kata Kunci :

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Game edukasi, media pembelajaran, role playing game (RPG), RPG Maker VX Ace.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:12
Last Modified: 29 Sep 2018 03:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8147

Actions (login required)

View Item View Item