ANALISIS NILA-NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI

Fitriyah, Fitriyah (2018) ANALISIS NILA-NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Negeri Lima Menara karya A. Fuadi yang diterbitkanoleh PT Gramedia Pustaka cetakan 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kepustakaandan metode catat. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantik dan reliabilitas intrarater. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Artinya peneliti melakukan pembacaan dan penganalisisan terhadap sumber data secara berulang-ulang sampai ditemukan kepastian dan kemantapan. Langkah selanjutnya dikonsultasikan kepada expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Negeri 5 Menara memiliki lima dimensi nilai pendidikan yaitu, akhlak, etika, sosial, budaya dan estetika. Nilai pendidikan akhlak dalam novel ini memiliki empat varian, yaitu 1) iman kepada Allah, 2) iman kepada Kitab Allah, 3) iman kepada Rasul Allah dan 4) iman kepada hari akhir. Nilai pendidikan etika memiliki dua belas varian, yaitu 1) memberi nasihat, 2) mengasihi anak, 3) berbakti kepada orangtua, 4) bertanggungjawab, 5) rajin, 6) disiplin, 7) menghormati orang lain, 8) pantang menyerah, 9) cinta tanah air, 10) menepati janji, 11) ikhlas dan 12) berjiwa besar. Nilai pendidikan sosial memiliki empat varian, yaitu 1) bersimpati, 2) berbagi, 3) bersahabat, dan 4) kekeluargaan. Nilai pendidikan budaya memiliki Sembilan varian, yaitu 1) cinta produk lokal, 2) bangga terhadap bahasa pertiwi, 3) menjaga kesenian daerah, 4) merawat rumah adat, 5) menghargai makanan khas, 6) sistem perdagangan, 7) budaya pesantren, 8) budaya kampus dan 9) sistem mata pencaharian. Nilai pendidikan estetika memiliki tiga varian, yaitu 1) gaya bahasa retoris, terdapat dua varian: asindenton dan hiperbola 2) gaya bahasa kiasan, terdapat tujuh varian: simile, metafora, personifikasi, alusi, eponim, sinekdoke, dan hipalase. dan, 3) pantun. Adapun unsur-unsur yang digunakan dalam novel Negeri 5 Menara sebagai penyampai nilai pendidikan yaitu ada empat hal: 1) tema, yang menjadi ide pokok alur penceritaan, 2) latar, yang melandasi keterangan sebagai penjelas lakuan cerita, 3) tokoh, yang menghidupkan cerita di dalam novel sehingga jadi menarik, dan 4) gaya bahasa, berdasarkan langsung tidaknya makna yang digunakan dalam penelitian ini berupa gaya bahasa retoris dan kiasan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan, novel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:17
Last Modified: 03 Oct 2018 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8179

Actions (login required)

View Item View Item