ANALISIS RANTAI NILAI PEMASARAN KEDELAI DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

HUDIYA, NURUL (2018) ANALISIS RANTAI NILAI PEMASARAN KEDELAI DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) menganalisis rantai nilai pemasaran kedelai di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (2) menganalisis fungsi rantai nilai pemasaran kedelai di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (3) menganalisis hubungan rantai nilai pemasaran kedelai di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (4) menganalisis margin pemasaran rantai nilai pemasaran kedelai di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (5) menganalisis keuntungan rantai nilai pemasaran kedelai di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan memilih 3 desa yang ada di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah yaitu Desa Sengkol, Desa Pengembur, dan Desa Sukadana. Penentuan jumlah petani responden dilakukan secara quota sampling sebanyak 30 orang dari jumlah populasi petani di Kecamatan Pujut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang didapat dalam penelitian ini meliputi data primer dan skunder. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei yaitu wawancara langsung dengan petani responden. Analisis data yang dgunakan adalah analisis biaya pemasaran , margin pemasaran, dan keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rantai nilai pemasaran kedelai di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah melibatkan 4 lembaga pemasaran yang terdiri dari petani, pedagang pengepul desa (PPD), dan pedagang pengepul kecamatan (PPK) dan pengecer dalam menyampaikan hasil produksi kedelai kepada konsumen akhir. Dari empat pelaku tersebut membentuk dua saluran pemasaran, yakni: I:Petani ke PPD ke PPK ke ke Konsumen dan II :Petani ke Pengecer ke Konsumen. Fungsi- fungsi pemasaran yang dilakukan oleh petani, pedagang pengepul desa, dan pedagang

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kedelai, Rantai nilai, Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:16
Last Modified: 03 Oct 2018 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8189

Actions (login required)

View Item View Item