SUSANTI, ROSMALIA TRI (2018) ANALISIS TINGKAT LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN DI KOTA MATARAM YANG MENERAPKAN KURIKULUM 2013 PADA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang tingkat literasi matematika siswa kelas VII SMPN di kota Mataram yang menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN di kota Mataram yang menerapkan kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 95 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk uraian yang telah dinyatakan valid dan layak untuk digunakan oleh tiga orang validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi matematika siswa 34.7% mampu mencapai level 3 atau bias dikatakan masuk pada kategori sedang. Berdasarkan aspek-aspek PISA dalam mengukur literasi matematika diperoleh bahwa 53.7% siswa menjawab benar untuk konteks pribadi, 91.6% untuk konten uncertainty and data, dan 79.5% untuk konteks/kompetensi reproduksi. Jika berdasarkan sekolah sampel penelitian, tingkat literasi matematika yang dicapai siswa SMPN 1 Mataram yaitu level 2, SMPN 2 mataram mencapai level 3, dan SMPN 15 Mataram mayoritas siswa mencapai level 1. Jika ditinjau berdasarkan jenis kelamin, sebesar 40.8% siswa perempuan mampu mencapai level 3 lebih banyak dibandingkan jumlah siswa laki-laki hanya sebesar 34.2% yang mencapai level tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Literasi Matematika, Tingkat Literasi Matematika Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 02:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 02:15 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8222 |
Actions (login required)
View Item |