PENERAPAN METODE PEMBELAJRAN KOOPERATI TIFE THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN FILE GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV A SDN 8 CAKRANEGARA TAHUN PELAJRAN 2015/2016

PAHRUROZI, PAHRUROZI (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJRAN KOOPERATI TIFE THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN FILE GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV A SDN 8 CAKRANEGARA TAHUN PELAJRAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV A SDN 8 Cakranegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan file gambar. Objek penelitian yaitu siswa kelas IV A SDN 8 Cakranegara yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian adalah tes dan lembar observasi. Dari hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas belajar siswa 61,5 berkategori aktif, persentase aktivitas mengajar guru 78% berkategori sangat baik, dan persentase ketuntasan belajar siswa 74%. Pada siklus II meningkat menjadi 65,5 skor rata-rata aktivitas belajar siswa dengan kategori aktif, persentase aktivitas mengajar guru 92% berkategori sangat baik, dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 90%. Nilai ini telah memenuhi kriteria sesuai dengan indikator penelitian yaitu adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan file gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV A SDN 8 Cakranegara tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Think Pair Share, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:14
Last Modified: 03 Oct 2018 02:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item View Item