PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III B SDN 44 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013

H I L W A T I, H I L W A T I (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III B SDN 44 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Pencapaian nilai ulangan kelas III B SDN 44 Ampenan belum mencapai standar ketuntasan. Rendahnya nilai Matematika siswa dipengaruhi oleh kurangnya minat belajar Matematika siswa. Di samping itu juga dari faktor guru yang kurang memanfaatkan media pembelajaran Matematika dan belum mengggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan sehingga memicu siswa tidak menyukai Matematika yang menyebabkan suasana pembelajaran yang terjadi kurang menarik dan aktivitas belajar siswa sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan melalui penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Pada akhir penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I, II, masing-masing dengan kategori kurang aktif pada siklus I pertemuan I dan cukup aktif pada siklus I pertemuan II, dan pada siklus II dengan kategori aktif pada pertemuan I dan sangat aktif pada pertemuan II. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa siklus I, II, dengan ketuntasan masing-masing 74,28% pada siklus I pertemuan I dan 88,57% pada pertemuan II; serta 88,57% pada siklus II pertemuan I dan 91,42% pada pertemuan II. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan di kelas III B SDN 44 Ampenan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Matematika Realistik, Aktivitas dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item View Item