PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 PELANGAN TAHUN AJARAN 2012 /2013

SUPARTINAH, SUPARTINAH (2013) PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 PELANGAN TAHUN AJARAN 2012 /2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Format Baru 2013.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang Penelitian Tindakan Kelas ini adalah hasil belajar siswa yang relatif rendah yang disebabkan oleh berbagai faktor khususnya yang terkait dengan metode pembelajaran. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe Team Game Tournament (TGT) pada materi ”gaya”. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 4 Pelangan dengan subyek 18 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus,tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa diperoleh dengan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh 66,67 % dengan kreteria aktif. Persentasi ketuntasan klasikal tes objektif 66,67 %, jumlah siswa yang tuntas 12 orang dan yang tidak tuntas 6 orang. Dari hasil tersebut diperoleh hasilbelajar keseluruhan adalah 66,67% dengan kriteria baik. Pada siklus II hasil aktifitas belajar siswa diperoleh 83,33 % dengan kriteria sangat aktif. Persentasi ketuntasan klasikal tes obyektif adalah 94,44 % dengan kriteria sangat baik,jumlah siswa yang tuntas 17 orang sedangkan yang tidak tuntas adalah 1 orang.Aktifitas siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Pendekatan Cooperative Learning tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Pelangan tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning Tipe TGT, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:12
Last Modified: 03 Oct 2018 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8258

Actions (login required)

View Item View Item