PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 4 JAGARAGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ARIYANI, GUSTI AYU SUWITARI (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 4 JAGARAGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab.docx
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Jagaraga. Prestasi belajar siswa SDN 4 Jagaraga masih belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 65. Masalah Penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Jagaraga pada materi volume bangun ruang kubus dan balok dengan menerapkan pendekatan kontekstual melalui pembelajaran langsung?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Jagaraga pada materi volume bangun ruang kubus dan balok dengan menerapkan pembelajaran kontekstual melalui pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi serta refleksi. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar tes evaluasi buatan guru dengan pedoman penskorannya, dan lembar observasi. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II adalah 64,08, dan 71,61. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan II adalah 62,16 % dan 86,48%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual melalui pembelajaran langsung materi volume bangun ruang kubus dan balok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Jagaraga semester genap tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Kontekstual melalui Pembelajaran Langsung dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8259

Actions (login required)

View Item View Item