ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN IKAN NILA DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Zilan, Gala Wahyu (2018) ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN IKAN NILA DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal gala wz.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis saluran pemasaran ikan nila di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah; (2) Menganalisis fungsi- fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran ikan nila di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah; (3) Menganalisis efisiensi pemasaran ikan nila di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah; dan (4) Mengidentifikasi masalah-masalah yang petani ikan nila dalam dalam memasarkan hasil produksinya di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat saluran pemasaran hasil produksi petani ikan nila di Kecamatan Jonggat, yaitu: (a) Saluran Pemasaran I: Petani – Pengecer – konsumen akhir; (b) Saluran Pemasaran II: Petani – Pengumpul – Konsumen Akhir; (c) Saluran Pemasaran III: Petani – Pengumpul – Pengecer – Konsumen Akhir; (d) Saluran Pemasaran IV: Petani – Pedagang Antar Pulau – Pedagang dan/atau Konsumen di Pulau Sumbawa. Fungsi pemasaran yang dilaksanakan oleh petani ikan nila: (a) fungsi pertukaran hanya melakukan penjualan, (b) fungsi fisik yang dilakukan oleh petani ikan nila yaitu fungsi penyimpanan, (c) fungsi fasilitas, yaitu hanya melakukan fungsi permodalan dan penanggungan resiko. Fungsi pemasaran yang dilaksanakan pedagang pengumpul, pengecer dan pedagang antar pulau: (a) fungsi pertukaran yang terdiri dari fungsi pembelian dan penjualan, (b) fungsi fisik terdiri dari fungsi pengangkutan dan penyimpanan, (c) fungsi fasilitas terdiri dari fungsi permodalan, informasi pasar sortasi dan penanggungan resiko. Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran I, dengan total nilai marjin sebesar Rp 2,875 per kilogram dan share petani sebesar 88,50%. Masalah yang dihadapi petani dalam pemasaran ikan nila adalah kurangnya iformasi pasar dan relatif rendahnya harga yang diterima petani ikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ikan nila, efisiensi pemasaran, margin pemasaran, share petani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:52
Last Modified: 06 Oct 2018 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8270

Actions (login required)

View Item View Item