PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN ALAT-ALAT TRANSPORTASI BAGI SISWA KELAS IV SDN 3 MEREMBU KECAMATAN LABUAPI TAHUN 2012/2013

ZOHRI, M. SAMSUL (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN ALAT-ALAT TRANSPORTASI BAGI SISWA KELAS IV SDN 3 MEREMBU KECAMATAN LABUAPI TAHUN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HAL.PERSTUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN 3 Merembu ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa rendah yang disebabkan karena guru masih menerapkan metode yang belum mengoptimalkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Merembu. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pokok bahasan alat-alat transportasi bagi siswa kelas IV SDN 3 Merembu Kecamatan Labuapi tahun 2012/2013?. Disisi lain tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan alat-alat transportasi bagi siswa kelas IV SDN 3 Merembu Kecamatan Labuapi Tahun 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Skor ratarata aktivitas siswa pada siklus I 2,38 dengan kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II skor rata-rata aktivitas siswa 3,40 dengan kategori sangat aktif, skor rata-rata aktivitas guru pada siklus I 2,45 dengan kategori kurang baik sedangkan pada siklus II skor rata-rata aktivitas guru 3,24 dengan kategori baik. Hasil belajar diukur dari ketuntasan sebesar 74% pada siklus I dan 92% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut di atas maka penerapan pembelajarn kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pokok bahasan alat-alat transportasi bagi siswa kelas IV SDN 3 Merembu Kecamatan Labuapi Tahun 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): IPS (alat-alat transportasi), Aktivitas dan Hasil Belajar,Kooperatif tipe Jigsaw.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:52
Last Modified: 06 Oct 2018 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8272

Actions (login required)

View Item View Item