PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI KEKALEK

F I T R I A N I, F I T R I A N I (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI KEKALEK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi geografi, sejarah dan ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasayarakat yang dinamis. Proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPS nyata berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak membosankan serta meningkatkan mutu pembelajaran. Adapun manfaat penelitian ini adalah diharrapkan akan membawa suatu kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah PTK dilaksanakan dua siklus yaitu pada siklus I penguasaan materi pelajaran IPS dengan nilai rata-rata 63,59 meningkat dengan rata-rata nilai 75,31 pada siklus II, dan nilai rata-rata ketuntasan klasikal 56,25% pada siklus I meningkat menjadi nilai rata-rata ketuntasan klasikal 90,63% pada siklus II dengan KKM 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kooperatif, pembelajaran, tipe make a match, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:51
Last Modified: 06 Oct 2018 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8274

Actions (login required)

View Item View Item