PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 2 RENSING

Zuhri, Muh (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 2 RENSING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab I - V OK.doc
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kelas III SDN 2 Rensing yang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru selalu monoton, yaitu model pembelajaran satu arah dan partisipasi siswa kurang. Rumusan masalah yang dikemukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III SDN 2 Rensing. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN 2 Rensing dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 2 Rensing yang terdiri dari 17 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. pendekatan kuantitatif digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa dan pendekatan kualitatif untuk menentukan data hasil observasi perilaku aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajar selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 71,76 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 64% dan rata-rata skor aktivitas siswa yaitu 11,61 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 77,29 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 88% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa mencapai 14,76 dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN 2 Rensing.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Pembelajaran Kooperatif , Tipe Make A Match, Prestasi belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:51
Last Modified: 06 Oct 2018 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8275

Actions (login required)

View Item View Item