PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 5 BUNGTIANG

MASKAR, MASKAR (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 5 BUNGTIANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MASKAR PALID.docx
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dikarnakan prestasi belajar IPS SDN 5 Bungtiang masih sangat rendah dikarnakan oleh pedekatan pembelajaran guru yang masih menggunakan model pembelajaran secara konvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu pula kemampuan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan kemandirian dalam belajar tidak akan tampak. Pembelajaran konvensional menganggap guru adalah satu-satunya sumber belajar yang dianggap serba tahu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapkan pendekatan pembelajaran koperatif tipe make a macth ini dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada SDN 5 Bungtiang, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 5 Bungtiang, tempat penelitian ini adalah SDN 5 Bungtiang yang terdiri dari 21 orang siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Tahap penelitian berupa siklus I dan siklus II yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran koperatif tipe make a macth untuk meningkatkan prestasi belajar ips siswa kelas IV SDN 5 Bungtiang . Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajara siswa dalam mengikuti tahap pembelajaran selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-ratanya 58,57 dengan ketuntasan klasikal 33% dan tata-rata aktivitas siswa 9,24 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa 76,38 dengan ketuntasan klasikalnya 90%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa 11,57 dengan kategori aktif.brdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan koperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 5 Bungtiang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran koperatif, make a match, konpensionel, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:50
Last Modified: 06 Oct 2018 01:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8277

Actions (login required)

View Item View Item