PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM DARUSSALAM KOPANG LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013

YULIANTI, AYU (2013) PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM DARUSSALAM KOPANG LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2 Skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Pengembangan kognitif di TK Islam Darussalam Kopang melalui permainan modern maupun permainnan tradisional masih kurang diterapkan sehingga kemampuan kognitif anak kurang berkembang. Salah satu prinsip pengembangan Anak Usia Dini adalah bermain. Pengembangan kognitif lebih sering diberikan melalui lembar kerja melalui kegiatan calistung. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti memilih menerapkan permainan tradisional congklak untuk pengembangan kemampuan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Islam Darussalam Kopang Lombok Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bersifat kolaboratif dengan subyek penelitian 8 orang anak usia 5-6 tahun di TK Islam Darussalam Kopang Lombok Tengah tahun ajaran 2012/2013. Metode dalam pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi.Analisis data bersifat deskriptif kualitatif. Hasil modifikasi permainan congklak menggunakan wadah congklak dari plastik dengan tanda warna pada setiap lubang congklak sebagai dasar modifikasi cara dan aturan bermain congklak pada umumnya, biji congklak dari clay dengan tiga warna, variasi bentuk geometri, dan variasi ukuran. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata kemampuan kognitif anak meningkat yaitu 54% pada pengembangan I, 70% pada pengembangan II, dan 90% pada pengembangan III. Hasil observasi guru juga meningkat pada setiap pengembangan yaitu dari 54% pada pengembangan I, 71% pada pengembangan II, dan 94% pada pengembangan III. Kesimpulannya, bahwa kemampuan kognitif anak dapat meningkat secara signifikan dengan memodifikasi permainan congklak yang dilaksanakan dengan efektif dan berulang-ulang dengan melakukan perbaikan pada setiap pengembangan. Disarankan kepada kepala TK untuk memotivasi dan memfasilitasi kegiatan permainan congklak, guru untuk menerapkan permainan congklak dengan memperhatikan kelemahan pada proses penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan kognitif,permainan tradisional, bermain congklak,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:50
Last Modified: 06 Oct 2018 01:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item