PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 MENINTING TAHUN AJARAN 2012-2013

AGUSTIANINGRUM, IRIN (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 MENINTING TAHUN AJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas V dan guru mata pelajaran IPS SDN 2 Meninting pada tanggal 13 Februari 2012, bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V masih rendah yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas serta siswa masih enggan melakukan diskusi kelompok. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar kelas V SDN 2 Meninting tahun ajaran 2012-2013. Dari 32 siswa hanya 14 siswa yang telah mencapai KKM yang telah ditentukan untuk mata pelajaran IPS yaitu 60 dengan ketuntasan klasikal 80%. Permasalahan diatas disebabkan oleh belum diorganisasikannya strategi pembelajaran yang baik sehingga memungkinkan hasil belajar siswa meningkat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Meninting tahun ajaran 2012-2013, dengan menerapkan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Meninting tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 32 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang diberikan tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar dikatakan telah meningkat apabila siswa mencapai ketuntasan secara klasikal ≥ 80% serta siswa telah mendapat nilai ≥ 60. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata kelas masing-masing sebesar 70,93 dan 81,56 sedangkan persentase ketuntasan klasikal siklus I dan siklus II sebesar 71,87% dan 87,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Meninting tahun ajaran 2012-2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi pembelajaran, peta konsep (concept mapping), hasil belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:50
Last Modified: 06 Oct 2018 01:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8301

Actions (login required)

View Item View Item