PENERAPAN TEKNIK TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013

SETIAWAN, DODI (2013) PENERAPAN TEKNIK TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya pemahaman siswa tentang materi pembelajaran, pembelajaran yang digunakan guru adalah pembelajaran konvensioanal yang hanya menggunakan metode ceramah, serta kurangnya minat siswa dalam belajar, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 21 Cakranegara Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui penerapan teknik bamboo dancing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 21 Cakranegara dengan jumlah siswa 25 orang, 14 laki-laki dan 11 perempuan. Langkah penelitian dilakukan dalam dua siklus dan diakhiri jika terjadi peningkatan aktivitas belajar tinggi dan hasil belajar siswa ≥ 60 serta ketuntasan klasikal ≥85%. Setiap siklus yang diteliti memiliki tahapan-tahapan antara lain : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar, sedangkan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat jika skor aktivitas minimal berkategori “Tinggi” dan hasil belajar siswa dikatakan meningkat jika ≥85% siswa mendapat nilai ≥60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah 12,33 dan 15,33 dengan kategori rendah dan sedang. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 menjadi 18,34 dan 20,34 dengan kategori tinggi dan sangat tinggi. Sementara itu,terjadi juga peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal yang mendapatkan nilai ≥60 pada siklus I adalah 52,17% menjadi 91,66% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan teknik bamboo dancing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 21 Cakranegara Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, Hasil belajar, Teknik Bamboo Dancing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:50
Last Modified: 06 Oct 2018 01:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8302

Actions (login required)

View Item View Item