PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 01 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SUSANTI, MILA (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 01 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
10-bab 1,2,3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 01 Gunungsari tahun pelajaran 2012/2013 yang disebabkan oleh rendahnya minat siswa untuk belajar membuat sebuah karangan narasi karena merasa tidak mampu. Penelitian ini bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar khususnya pada keterampilan menulis sehingga kemampuan menulis narasi siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efek penerapan model CIRC terhadap peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN 01 Gunungsari tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV SDN 01 Gunungsari tahun pelajaran 2012/2013, sedangkan sampel penelitian adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (Post-test). Dari tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 65,33 dan kelas eksperimen sebesar 60,53. Setelah diberikan perlakuan diberikan tes akhir (post-test) dan diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 63,73 dan kelas eksperimen 77,33. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikan 5%. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 5,183 sedangkan ttabel sebesar 2,063, karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model CIRC terhadap peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN 01 Gunungsari tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model CIRC, kemampuan menulis narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:50
Last Modified: 06 Oct 2018 01:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8307

Actions (login required)

View Item View Item