PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BADRAIN TAHUN AJARAN 2011/2012

SHOLATIAH, SHOLATIAH (2013) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BADRAIN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
isi skripsi.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya tingkat kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN 1 Badrain pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan menyimak petunjuk denah disebabkan metode yang digunakan guru kurang menyenangkan bagi siswa sehingga daya serap siswa rendah. Akibat lebih lanjutnya siswa masih banyak yang bermain-main ketika pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada siswa kelas IV SDN 1 Badrain?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan menyimak petunjuk denah dengan menggunakan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa adalah 19 dengan persentase 52,7% berkategori cukup aktif, sedangkan hasil belajar siswa adalah 66,6% ketntasan secara klasikal. Dilihat dari data aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I masih belum mencapai KKM sehingga perlu diadakan perbaikan pada siklus berikutnya. Adapun hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa adalah 32 dengan persentase 88,8% berkategori aktif, sedangkan hasil belajar siswa adalah 90% ketuntasan secara klasikal. Dilihat dari data aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dan sudah mencapai KKM sehingga tidak perlu diadakan perbaikan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual efektif meningkatkan kemampuan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan menyimak petunjuk denah pada siswa kelas IV SDN 1 Badrain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Audi Visual, Kemampuan Menyimak, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:49
Last Modified: 06 Oct 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item View Item