PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMPN SE- KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

TARMIZI, AHMAD (2018) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMPN SE- KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL AHMAD TARMIZI (E1B113004).pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan, faktor-faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaan oleh guru PPKn seta upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan pemanfaatan media pembelajaan oleh guru PPKn di SMPN Se-Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Tehnik pengumpulan data yaitu tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara deskripsi melalui langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaan oleh guru PPKn di SMPN Se-Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah sudah memanfaatkan media pembelajaran. Jenis media yang dimanfaatkan oleh SMPN yang menjadi lokasi penelitian yakni, SMPN 1 Praya Barat Daya memanfaatkan media gambar/foto, bagan, globe, peta dan video. Sementara itu jenis media yang dimanfaatkan oleh guru PPKn di SMPN 4 Praya Barat Daya, yakni gambar/foto, sketsa, diagram, bagan, poster, peta, globe, video dan film. Adapun faktor pendukung serta penghambat pemanfaatan media pembelajaan oleh guru PPKn di SMPN Se-Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah yaitu meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari pengalaman, minat dan motivasi, sedangkan faktor eksternal terdiri dari sarana, prasarana, anggaran dan kebijakan. Adapun upaya untuk mngatasi hambatan-hambatan (1) Bekerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah, (2) Pihak sekolah berupaya untuk meningkatkan minat dan motivasi guru, (3) Pihak sekolah berupaya menyediakan sarana dan prasaranan yang memadai, (4) Pihak sekolah berupaya untuk menambah anggaran untuk penyediaan media dan (5) Kepala sekolah berupaya membuat kebijakan yang tegas tentang pemanfaatan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemanfaatan Media, Guru PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:06
Last Modified: 08 Oct 2018 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8412

Actions (login required)

View Item View Item