PENGARUH ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA KELAS IV SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Andriani, Lenny (2018) PENGARUH ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA KELAS IV SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL LENNY ANDRIANI (E1E214052).pdf

Download (993kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas IV SDN 28 Cakranegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV SDN 28 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan alat peraga blok pecahan, sedangkan kelas IV B merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupas tes uraian dan lembar observasi berupa lembar observasi aktivitas mengajar guru dan belajar siswa. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji t (t-polled varian). Berdasarkan hasil pemahaman konsep pecahan pada tahap post-test diperoleh nilai rata-ratapada kelas eksperimen adalah 75,5 dan kelas kontrol adalah 66,35. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung sebesar 1,823 dan ttabel 2,025 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diketahui thitung < ttabel. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ho dinyatakan diterima dan Ha dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV SDN 28 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Peraga Blok Pecahan, Pemahaman Konsep Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:05
Last Modified: 08 Oct 2018 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item View Item