NINGRAS, AYU SARTIKA KOESUMA (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
JURNAL.pdf Download (473kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning menggunakan multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas X. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuasi eksperimental atau eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian pretest-posttest kelompok kendali nonekuivalen. Sampel diambil berdasarkan pertimbangan dan saran guru. Sampel yang dipilih adalah kelas X-M sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model Problem Based Learning menggunakan multimedia dan kelas X-N sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan awal siswa (pretest) berupa soal pilihan ganda sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa (posttest) berupa soal pilihan ganda beralasan. Rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol secara berturut-turut adalah 44,9 dan 33,8. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji anakova dengan pretest sebagai kovariat dan diperoleh Fhitung = 4,94 > Ftabel = 4,03, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya model Problem Based Learning menggunakan multimedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Problem Based Learning, multimedia, hasil belajar, reaksi oksidasi reduksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Saprudin Saprudin |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 04:04 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 04:04 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8447 |
Actions (login required)
View Item |