Andrian, Reza (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK ILMIAH DAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS IX SMPN 1 JONGGAT TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
artikel penelitian(1).pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh penggunaan media komik ilmiah terhadap hasil belajar IPA Biologi (2) Pengaruh penggunaan media peta konsep terhadap hasil belajar IPA Biologi dan (3) Perbedaan pengaruh penggunaan media komik ilmiah dan media peta konsep terhadap hasil belajar IPA Biologi. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Jonggat pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan menggunakan desain penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 53 siswa yang ditentukan melalui tehnik purposive sampling yang terbagi dalam dua kelas eksperimen yaitu kelas IXB (26 siswa) yang menggunakan media komik ilmiah dan IXD (27 siswa) yang menggunakan media peta konsep. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji Anakova pada taraf kesalahan 5%. Hasil analisis menggunakan uji N-Gain menunjukan bahwa penggunaan media Komik ilmiah dan media Peta konsep berpengaruh terhadap hasl belajar IPA Biologi siswa kelas IX SMPN 1 Jonggat tahun ajaran 2014/2015. Sementara itu, hasil analisis menggunakan uji Anakova menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media Komik Ilmiah dan media Peta konsep terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas IX SMPN 1 Jonggat tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Media Komik Ilmiah, Media Peta Konsep dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Saprudin Saprudin |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:17 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 01:17 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8455 |
Actions (login required)
View Item |