MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU GAMBAR DAN KATA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-AQSHO KERU NARMADA TAHUN PELAJARAN 2018

MARIATUN, MARIATUN (2018) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU GAMBAR DAN KATA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-AQSHO KERU NARMADA TAHUN PELAJARAN 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL MARIATUN.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan di Taman Kanak-kanak. Untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan penggunaan Kartu Gambar dan Kata. Penelitian ini dilator belakangi oleh hasil observasi dan wawancara di PAUD Al-Aqsho Keru-Narmada terkait dengan kegiatan penggunaan Kartu Gambar dan Kata. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana penerapan kegiatan penggunaan Kartu Gambar dan Kata untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak 5-6 tahun di PAUD al-Aqsho Narmada tahun pelajaran 2018. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui cara penerapan kegiatan penggunaan KartuGambardan Kata untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia5-6tahun di PAUD al-Aqsho Narmada tahun pelajaran 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis pengembangan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik observasi.Subyek dalam penelitian ini adalah anak rusia 5-6 tahun di PAUD al-Aqsho Narmada yang berjumlah 10 orang anak. Hasil penelitian diperoleh bahwa terbukti dari hasil penelitian yang dimulai dari tahap pengembangan I yang mencapai 51,1%, menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan membaca anak belum mencapai target ketercapaian dalam penelitian ini yakni 80%. Hal ini disebabkan karena masih banyak terdapat kekurangan dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang mengakibatkan kemampuan membaca anak belum terstimulasi dengan baiksehingga pengembangan membaca anak masih berjalan lambat. Kemudian mengalami peningkatan hingga 77,8% padatahap pengembangan II dan tahap III terlaksana dengan berkembang sesuai harapan, di mana padatahap III inimencapai rata-rata 84,4% dan telah mencapai target penelitian .Berdasar kan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan penggunaan Kartu Gambard an Kata yang tepat dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan padaanak usia 5-6 tahun di PAUD al-Aqsho Narmada Tahun pelajaran 2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): MembacaPermulaan, PenggunaanKartuGambardan Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:13
Last Modified: 10 Oct 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8522

Actions (login required)

View Item View Item