HUZAEFI, TAMI (2013) PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE COURSE REVIEW HOREY PADA SISWA KELAS V SDN 2 KAYANGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
3 BAB I.doc Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
Abstract
Hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Kayangan masih tergolong rendah dan belum mencapai standar ketuntasan. Penerapan suatu metode pembelajaran yang kurang tepat sangat mempengaruhi hal tersebut, sehingga penerapan suatu metode pembelajaran yang baik sangat membantu siswa dalam memperoleh suatu ketuntasan belajar yang tinggi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode Course Review Horey untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 2 Kayangan tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 2 Kayangan dengan menerapkan metode Course Review Horey tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Kayangan dengan jumlah siswa 30 orang, 15 laki-laki dan 15 perempuan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusun yakni pada siklus 1 berkategori baik dengan skor 19,07 menjadi sangat baik dengan skor 22,52 pada siklus 2, serta adanya peningkatan aktivitas belajar siswa tiap siklusnya, yakni pada siklus 1 berkategori cukup aktif dengan skor 13,37 menjadi aktif dengan skor 19,47 pada siklus 2, sedangkan untuk hasil belajar IPA siswa terlihat dari nilai ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Masing-masing mempunyai nilai sebesar 70% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 21 siswa dari 30 siswa yang mengikuti evaluasi pada siklus 1, dan 93% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 28 siswa dari 30 siswa yang mengikuti evaluasi pada siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Course Review Horey secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 2 Kayangan tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode Course Review Horey, IPA, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 08:03 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 08:03 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8601 |
Actions (login required)
View Item |