PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SDN 2 DASAN TERENG. TAHUN PELAJARAN 2012 /2013

HAQ, ZAINUL (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SDN 2 DASAN TERENG. TAHUN PELAJARAN 2012 /2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I -V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SDN 2 Dasan Tereng adalah proses pembelajaran yang masih terbatas pada metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas saja. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa ini terlihat pada hasil ulangan formatif mata pelajaran IPA kelas V tahun ajaran 2011/2012, dari 29 orang siswa hanya 7 siswa (24,13 %) yang tuntas belajar dengan KKM 65. Melihat kondisi ini perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Dasan Tereng yang diajarkan melalui penerapan diskusi kelompok. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalm dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: Tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif pada data hasil observasi dan hasil evaluasi belajar. Hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 63,8 menjadi 76,72 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan presentase 34,48%, pada siklus II meningkat 86,31%. Hal tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan yang sudah ditentukan, yakni: minimal 75% siswa mampu mencapai KKM yang sudah ditetapkan yaitu 65. Peningkatan juga terlihat dari aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dari siklus I dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi sangat aktif pada siklus II. Begitu juga dengan kegiatn Guru pada siklus I dengan kategori baik menjadi sangat baik pada siklus II. Dengan demikian Penerapan Metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar IPA SDN Dasan tereng Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar IPA, Diskusi Kelompok.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:56
Last Modified: 11 Oct 2018 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8612

Actions (login required)

View Item View Item