SUPRIYATNI, MARIAH HUTRI (2018) STUDI DESKRIPTIF PENGEMBANGAN BERBAHASA LISAN MELALUI BERCERITA KELOMPOK B TK MUTIARA HATI MATARAM TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
jurnal skripsi.pdf Download (511kB) | Preview |
Abstract
Secara alamiah setiap anak belajar berbahasa melalui proses menyimak. Melalui proses menyimak anak belajar berbicara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan kemampuan bahasa lisan anak pada kelompok B melalui metode bercerita di TK Mutiara Hati Mataram Timur tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B di TK Mutiara Hati Mataram Timur tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriftif,.Subyek penelitian diambil sebanyak 9 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Gregory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perkembangan bahasa lisan anak berkembang dengan baik, dilihat dari kemampuan anak bercerita kembali tentang apa yang sudah didengar dan kemampuan mengungkapkan gagasannya pada waktu kegiatan bermain ataupun sedang belajar, selain itu anak juga mampu menjawab dan mengungkapkan pertanyaan baik kepada guru maupun temannya, perkembangan bahasa lisan anak berbeda-beda. Kepada orang tua dan pendidik lebih memperhatikan perkembangan bahasa lisan anak dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara baik itu bercerita atau bertanya dan menjawab pertanyaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Perkembangan Bahasa, Bercerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 02:22 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 02:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8659 |
Actions (login required)
View Item |