PENERAPAN STRATEGI REKONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG PADA SISWA KELAS VII BILLINGUAL 2 SMP NEGERI 5 MATARAM

MARDIYANA, ANA (2018) PENERAPAN STRATEGI REKONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG PADA SISWA KELAS VII BILLINGUAL 2 SMP NEGERI 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Jadi.rtf

Download (17MB)

Abstract

Aspek keterampilan bahasa meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pembelajaran menyimak di sekolah belum terlaksana secara maksimal. Untuk itu penelitian ini akan menganalisis pembelajaran menyimak khususnya menyimak dongeng dengan strategi rekonstruktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menyimak dongeng dengan strategi rekonstruktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen yang menggunakan desain tanpa kelompok pembanding dengan rangkaian waktu. Untuk mengukur hasil belajar siswa, dilakukan tes dalam dua tahap yaitu pretest dan posttest. Pretest merupakan hasil evaluasi yang dilakukan sebelum menggunakan strategi rekonstruktif dalam pembelajaran menyimak dongeng. Posttest dilakukan dalam dua tahap yaitu posttest I dan posttest II. Nilai rata-rata kelas yang dicapai oleh kelas VII Billingual 2 SMP Negeri 5 Mataram pada kegiatan pretest sebesar 76.20, nilai rata-rata kelas yang dicapai pada posttest I sebesar 76.30, sedangkan pada posttest II sebesar 83.64. Penelitian ini mengalami peningkatan pada setiap tahapnya. peningkatan dari pretest ke posttest I sebanyak 0.1%, sedangkan dari posttest I ke posttest II sebesar 7.34.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : strategi pembelajaran, strategi rekonstruktif, keterampilan menyimak, dongeng
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:21
Last Modified: 15 Oct 2018 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8688

Actions (login required)

View Item View Item