PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KESALAHAN EJAAN KARANGAN DESKRIPTIF BERSTRATEGI DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 18 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

RIALISNAWATI, RIALISNAWATI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KESALAHAN EJAAN KARANGAN DESKRIPTIF BERSTRATEGI DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 18 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Abstrak.doc

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (80kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (28kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menganalisis kesalahan ejaan karangan deskriptif berstrategi discovery-inquiry pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 18 Mataram tahun pembelajaran 2009-2010. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil deskripsi objektif tentang pembelajaran dengan strategi discovery-inquiry pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 18 Mataram tahun pemebelajaran 2009-2010 untuk meningkatkan kemampuan menganalisis kesalahan ejaan karangan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan dan metode observasi, sedangkan penganalisisan data menggunakan rumus ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menganalisis kesalahan ejaan karangan deskriptif, siswa kelas IX-A SMP Negeri 18 Mataram tahun pembelajaran 2009-2010 dengan strategi discovery-inquiry mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun hasil yang dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Peningkatan proses dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata keterampilan proses siswa yaitu 69.96, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 80; (2) Peningkatan kemampuan menganalisis secara berkelompok dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 55.43, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82.36; (3) Kemampuan menganalisis karangan deskriptif secara individu dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata keterampilan proses siswa yaitu 49.90, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 67.25.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peningkatan kemampuan, menganalisis kesalahan ejaan, karangan deskriptif, strategi discovery-inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:20
Last Modified: 15 Oct 2018 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8690

Actions (login required)

View Item View Item