ANALISIS PERILAKU DAN PENAMPILAM PASAR BUAH-BUAHAN LOKAL DI PASAR MANDALIKA KOTA MATARAM

Zarkasi Nur,, Zarkasi Nur, (2014) ANALISIS PERILAKU DAN PENAMPILAM PASAR BUAH-BUAHAN LOKAL DI PASAR MANDALIKA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.docx

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui saluran pemasaran buah jeruk dan apel di Pasar Mandalika; (2) mengetahui perilaku pasar (market conduct) buah jeruk dan apel di Pasar Mandalika dan (3) mengetahui penampilan pasar (market performance) buah jeruk dan apel di Pasar Mandalika. Pengumpulan data dilakukan dengan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu untuk saluran pemasaran dan perilaku pasar menggunakan analisis deskriptif; penampilan pasar dilihat dari aspek margin pemasaran dan elastisitas transmisi harga. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) saluran pemasaran yang digunakan dalam pemasaran jeruk dan apel hanya satu pemasaran yaitu Pedagang Antar Pulau – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir; (2) perilaku pasar buah-buahan lokal di Pasar Mandalika Kota Mataram menunjukkan bahwa pedagang besar buah jeruk dan apel melakukan fungsi pembelian, pengiriman, penyortiran, pengemasan, penyimpanan, pembiayaan dan penjualan. Sedangkan pedagang pengecer melakukan fungsi pembelian, pengiriman, pengemasan, penyimpanan, pembiayaan dan penjualan. Dalam penentuan harga jual, para pedagang buah sangat memperhatikan bentuk dan kualitas buah. Semakin bagus bentuk dan kualitas buah maka harga jual semakin tinggi dan ada kolusi antar sesama pedagang buah dalam hal informasi harga jual; (3) Penampilan pasar buah-buahan lokal di Pasar Mandalika Kota Mataram tidak ditransmisikan secara sempurna baik dari pedagang antar pulau ke pedagang besar; pedagang antar pulau ke pedagang pengecer maupun pedagang besar ke pedagang pengecer baik dari pemasaran jeruk dan apel. Selanjutnya total margin pemasaran jeruk (Rp 2.367/kg) dan apel (Rp 2.269/kg). Margin di tingkat pedagang besar buah jeruk dan apel (Rp 1.000/kg). Sedangkan di tingkat pedagang pengecer buah jeruk (Rp 1.367/kg) dan apel (Rp 1.269/kg). Keuntungan di tingkat pedagang besar buah jeruk (Rp 662,076/kg) dan apel (Rp 621,3). Sedangkan di tingkat pedagang pengecer buah jeruk (Rp 1.068,89/kg) dan apel (Rp 988,76). Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): perilaku pasar, penampilan pasar, margin, elastisitas transmisi harga.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Oct 2018 05:55
Last Modified: 16 Oct 2018 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item