PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI MIA SMAN 1 GUNUNGSARI

FITRIANINGSIH, FITRIANINGSIH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI MIA SMAN 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL FITRIANINGSIH.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang lebih baik model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gunungsari. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design dengan populasi adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gunungsari yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda pada materi kelarutan dan hasil kali. Uji hipotesis dengan gain-t test menunjukkan thitung (1.678) > ttabel (1.671) pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gunungsari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI), hasil belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:52
Last Modified: 18 Oct 2018 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8751

Actions (login required)

View Item View Item