PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN 1 MAMBALAN KEC.GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010

SUGIARTI, NINING (2010) PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN 1 MAMBALAN KEC.GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Kurangnya interaksi anatar siswa di SDN 1 Mambalan dalam proses pembelajran salah satunya diakibatkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang selalu sama. Sehingga dalam proses pembelajaran interaksi siswa menjadi sangat kurang karena di dominasi oleh aktivitas guru dan mengakibatkan pembelajaran menjadi satu arah dan tidak seimbang. Akibatnya, aktivitas dan prestasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V di SDN 1 Mambalan yang berjumlah 28 siswa. Metode Numbered Heads Together (NHT) merupakan bagian dari metode Coopertif Learning. Dimana metode ini lebih menekankan pada aktivitas siswa untuk bekerjasama dengan kelompknya, terutama untuk mengatasi permasalahan yang di temukan guru dalam mengaktifkan siswa, yang tidak dapat bekerja sama dengan orang lain, siswa yang agresif dan tidak peduli pada yang lain. Dengan menggunakan metode ini interaksi antar siswa meningkat karena mereka mempunyai tanggung jawab secara individual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa bisa mencapai 66 setelah pembelajaran ini sesuai dengan KKM sekolah pada mata pelajaran PKn dan prosentasi siswa yang memperoleh minimal kategori nilai baik mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I, oleh observer I dan II adalah 18,67 dan 18,34 dengan kriteria aktif,sedangkan hasil observasi siklus II oleh observer I dan II adalah 22,68 dan 23,01 dengan kategori sangat aktif. Rata-rata skor prestasi belajar siswa pada siklus I dan II, adalah 65,46 dan 74,46. sedangkan presentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus I, dan II, yaitu 71,42% dan 89,28%. Hal ini berarti bahwa penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa metode Numbered Heads Together (NHT) dapat menigkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn siswa pada

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:48
Last Modified: 25 Oct 2018 02:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8848

Actions (login required)

View Item View Item